Cara Memulai Usaha Rental Mobil Manado dengan Modal Kecil

Cara Memulai Usaha Rental Mobil Manado dengan Modal Kecil

Usaha rental mobil adalah salah satu model usaha yang memiliki potensi besar. Seorang pelaku usaha dalam bidang rental mobil di kota besar mengaku bisa membukkukan hasil tak kurang dari 7-10 juta tiap bulan untuk setiap kendaraan yang dia sewakan. Sedang seorang lagi yang membuka usah rental mobil di Kota yang tidak begitu besar juga mendapatkan hasil yang tak jauh berbeda untuk setiap mobil yang dia miliki. Bayangkan kalau rental mobil Anda memiliki setidaknya 10 buah mobil?

Ok, jangan jauh-jauh dulu berkhayal memiliki usaha rental mobil dengan inventaris 10 mobil. Karena ini artinya Anda membutuhkan modal yang relati cuikup besar. Sementara itu dalam memulai usaha rental mobil Anda masih harus membuka pasar yang sudah duluan diduduki oleh pengusaha rental mobil pendahulu Anda.
Jadi memulainya dengan banyak inventaris mobil bisa jadi akan menjadi langkah tidak bijak karena belum tentu semuanya nanti akan laku disewa sekaligus. Akan lebih bijak Anda memulai dari inventari terbatas selain karena cara ini juga akan membuat Anda lebih cepat memulai usaha ini meski dengan modal relatif kecil dan terbatas.
Secara khusus, untuk Anda yang tertarik memulai bisni rental mobil dengan modal kecil, kami akan mencoba berbagi beberapa tips yang kami kumpulkan dari beberapa pelaku usaha mobil rental. Berikut beberapa tips sederhana:

1. Pilihlah mobil yang diminati pasar
Kebanyakan klien rental mobil mencari tipe mobil Avanza dan Xenia. Keduanya dianggap sebagai mobil dengan daya tampung besar, memiliki kenyamanan yang cukupp baik dan irit BBM. Beberapa pilihan lain seperti Grand Max, APV yang digemari di Bali ataupun Innova memang kerap juga ditawarkan tetapi biasanya pilihan utama tetap pada kedua jenis kendaraan sebelumnua. Soal harga juga kedua mobil tersebut juga cukup baik dipasaran, pada kisaran 300-400 ribu per 24 jam.

2. Mulailah dengan mobil baru
Hindari menggunakan mobil bekas karena biasanya biaya perawatannya justru akan lebih berat. Lagipula dengan menggunakan mobil baru, Anda bisa lebih memikat konsumen dengan kendaraan yang masih mulus dan suara mesin yang masih halus. Selain juga pihak asuransi cenderung lebih menghargai lebih asset kendaraan yang baru ketimban mobil bekas.

3. Dapakan mobil baru tanpa pembelian cash
Hindari membeli cash kecuali memang mmodal Anda cukup besar, tetapi karena disini kita bicara soal usaha rental mobil modal kecil, maka akan lebih baik Anda menghindari pembelian mobi cash dan alihkan dana Anda yang terbatas untuk urusan usaha yang lain. Ada dua cara efektif dalam mendapatkan mobil baru tanpa harus mengeluarkan modal besar, yakni:

– Dengan pembelian angsuran
Anda bisa mengambil mobil dari dealer atau dengan melakukan kredit via bank untuk DP sedangkan untuk angsuran Anda bisa mendapatkan dari pendapatan sewa yang Anda dapatkan. Asumsikan saja kendaraan Anda diangsur 3 tahun dengan nilai angsuran 4 juta perbulan. Maka Anda cukup melakukan penyewaan mobil selama 10 hari setiap bulan dan Anda sudah bisa membayar angsuran. Sisa pendapatan dari sewa pada hari berikutnya menjadi pendapatan Anda.

– Dengan cara leasin
Anda bisa menyewa pada pemiliki baru. Biasanya leasing berjalan 3 tahun dengan nilai sewa perbulan 3 juta. Cara ini membantu Anda tetap dengan mudanh mengupgrade mobil yang Anda miliki, karena posisi Anda hanya sebagai penyewa bukan pemilik kendaraan.

4. Siapkan sistem sewa
Salah satu resiko yang riskan dihadapi oleh sebuah usaha rental mobil adalah masalah pencurian kendaraan. Untuk itu Anda perlu seksama dalam mengatur sistem sewa supaya kendaraan Anda lebih aman dari pencurian. Kadan sekedar KTP, SIM dan surat-surat lain tidak selamanya menjanjikan keamanan. Kalau perlu Anda bisa menanamkan GPS pelacak dibagian tersembunyi dikendaraan untuk keamanan.

5. Lakukan promosi

Promosi adalah aspek penting dalam setiap usaha, termasuk usaha rental mobil. Anda bisa mulai dengan memasang iklan dikoran dan pamflet. Tetapi mencoba promosi aktif dengan mengajukan penawaran pada berbagai usaha perhotelan atau sebuah perusahaan untuk kerjasama bisa menjadi solusi menarik untuk memastikan kendaraan Anda tersewa secara kontinyu. Cara promosi ini tidak memakan biaya besar, namun cukup efektif.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

08114347678